sejarah perjalanan

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Ini ditandai dengan ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke dan memiliki panjang laut nomor satu di Asia. Di Indonesia akan banyak di hiasi oleh beragam suku, budaya, etnis dan kehidupan sosial yang ada disetiap masyarkat menjadi ciri khas di berbagai daerah yang ada di indonesia. Ada beberapa daerah yang memiliki sifat dan karekter kelembutan dan sopan dalam berbicara itu di kenal daerah yang cukup stratesgis yaitu daerah jawa dan sedangkan di daerah sumatra dan sulawesi yang identik dengan sifat yang sangat keras dan memilki hati yang lembut dan sopan dan memilki budaya yang begitu kental sampai sekarang ini, dan terdapat juga peninggalan kerajaan yang masih ada seperti Roterdam dan benteng somba Opu yang masih dirawat dan dijadikan salah satu tempat wisata.

Saya lahir di daerah mayoritas Islam dan di besarkan didaerah yang ramah lingkungan dan berbudi pekerti, saya menyebutkan sebuah kabupaten kecil yang memiliki kekayaan dalam hal budaya dan keindahan alam. Tambora menjadikan saya sebagai salah satu pribadi yang berjiwa sosial, sesuai dengan kehidupan bermasyarakat yang sangat kental di Tambora. Di antara pegunungan dan lembah, menjadikan Tombora sebagai salah satu daerah yang sangat sejuk dan mayoritas masyarakat Tambora adalah beragama Islam. Saya menghabiskan masa kecil yang penuh dengan kenangan di Tombora, seperti mendaki gunung, bermain disawah dan masih banyak permainan yang lainnya belum saya tuangkan di sini.

Akhirnya Saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Kota Makassar. Di Makassar, pendidikan menjadi salah satu prioritas bagi setiap pelajar karena memiliki fasilitas yang memadai. Terdapat banyak sekolah akreditasi baik internasional maupun nasional, bahkan perguruan tinggi negeri maupun swasta. Makassar menjadi pusat pendidikan terbesar di Sulawesi Selatan. Begitu banyak pelajar yang berbondong-bondong datang dari daerah untuk melanjutkan pendidikan di Kota Makassar. Kehidupan di Kota Makassar sangat kental dengan masyarakat yang keras. Beberapa tahun tinggal di Makassar, terdapat banyak hal yang telah terjadi. Salah satunya adalah pelajar dan mahasiswa yang sering demo yang berujung pada kekerasan atau anarkis. Tak bisa dipungkiri karena itu menjadi salah satu gaya hidup bagi sebagian anak muda di Kota Makassar. Dalam hal pariwisata, Pantai Losari menjadi ikon dan sekaligus kebanggaan bagi masyakarat kota Makassar. Terdapat beberapa peninggalan sejarah yang sangat unik di Makassar, seperti Benteng Somba Opu dan Rotterdam. Untuk infrastruktur pembangunan, boleh dikatakan Makassar sudah menjadi salah satu percontohan untuk menjadikan Kota Makassar menjadi Kota Dunia.

Menjadi seorang mahasiswa itu sudah menjadi kebanggaan tersendiri karena selangkah lagi menuju kehidupan yang sebenarnya. Ya, saya mahasiswa semester X (spuluh) jurusan Agroteknologi fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia Makassar. Tak terasa waktu sangatlah singkat dan cepat. Begitu banyak kenangan-kenangan yang telah terjadi menjadikan sebuah pengalaman yang indah dalam hidup ini. Pada awalnya, saya memilih kuliah di Universitas Muslim Indonesia Makassar, karena salah satu Universitas Swasta yang memilki Akreditasi Institusi B yang ada di Indonesia Timur.

Dalam perjalanan waktu, saya kemudian merasa nyaman untuk kuliah di Universitas Muslim Indonesia Makassar, yang notabene mahasiswanya beragama Islam. Mungkin itu menjadi kekhasan tersendiri, karena memang semangat ke-Islaman itu ditonjolkan di sini. Saya kemudian bergaul dengan teman-teman seangkatan bahkan junior dan senior. Dalam segi pelajaran, boleh dikatakan Jurusan Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia Makassar memiliki kriteria keunggulan. Kedisiplinan menjadi kekuatan utama di Fakultas Pertanian. Motivasi untuk belajar sangatlah besar karena didukung oleh tenaga pengajar/dosen yang kompeten di bidangnya. Dalam masa belajar, saya juga masuk di berbagai kegiatan/organisasi di lingkup kampus, seperti Unit Kegiatan Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Agroteknologi (HMJA), Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM) FP UMI dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sulawesi Selatan. Saya mengalami betapa besarnya manfaatyang saya dapatkan ketika saya masuk dalam organisasi tersebut. Saya menjadi pribadi yang berpikir kritis, memiliki jiwa sosial yang tinggi, dan belajar untuk menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana.

Saya masuk organisasi no Pemerintah atau biasa kita katakan ORNOP dan begitu banyak Lembaga swadaya Masyarakat yang ada di Propinsi Sulawesi Selatan dan akhir saya mendalami satu organisasi yang berperang dalam Advokasi Lingkungan yaitu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), WALHI SULSEL yang tidak jauh berbeda dengan jurusan yang saya dalami sekarang ini. Disisni saya di ajarkan bagaimana rasanya menjadi orang yang betul-betul mau merelahkan waktunya untuk membantu orang yang di rampas haknya oleh pemerintah yang kita anggap sebagai motor yang akan memperjuangkan hak kita demi kesejahteraan rakyat. Ini menjadi iming-iming belaka bagi masyarakat.

Pada, 25 Januari 2017, saya bersama teman di WALHI Sulsel datang disalah satu kelurahan Tamangapa di kecematan XXXXXX, di tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di salah satu Yayasan Pabbata Ummi, di sini tempat berkumpulnya anak penggulung sampah yang berpendidikan non Formal, Pak Mahmud orang memotori hadirnya Yayasan Pabbata Ummi demi kepentingan rakyat yang belum mendapatkan pendidikan, dan Pak Mahmud sebenarnya mahasiswa lulusan dari Universitas hasanudi Makassar jurusan Sosiologi dan baru mendapatkan gelar sarjana pada tahun 2014, ini akibat terlalu lama bergelut membantu masyarakat dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi.

Di yayasan pabbata ummi, tempat yang sempit dan fasilitas yang cukup memadai dan menpunyai kader yang begitu banyak sekitar 240 orang dan ada juga sudah mendapatkan gelar sarjana S 1 dan S 2 dan menjadi politisi di pemerintah sekarang ini.

Rasa syukur dan terima kasih kepada Allah SWT, karena begitu besar perubahan yang telah berubah dalam kehidupan pribadi saya. Karna Lingkungan satu-satunya yang menjadikan saya untuk belajar mengenai arti  dari kehidupan. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

